Headlines News :
Home » , , , » Ide Muhammad Menjadi Rasul Bagi Orang Quraish

Ide Muhammad Menjadi Rasul Bagi Orang Quraish

Written By Islam Dalam Fakta on Selasa, 01 Januari 2013 | 01.12

Ide ini berasal dari:
1) Khadijah
2) Waraqa

Pada mulanya, tidak ada keinginan dalam diri Muhammad menjadi rasul. Keinginan itu kemudian muncul dari ide-ide yang dilontarkan oleh Khadijah dan Waraqa, sebagaimana ditulis oleh sejarawan Islam tertua berikut ini.

Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1 Halaman 198

    Kemudian Jibril pergi dari hadapanku, dan aku pulang menemui keluargaku. Ketika aku bertemu Khadijah, aku duduk di pahanya, dan bersandar padanya. Khadijah berkata, `Hai Abu Al-Qasim, di mana engkau berada? Sungguh, aku telah mengutus orang-orangku untuk mencarimu hingga mereka tiba di Makkah atas, kemudian pulang tanpa membawa hasil.' Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata, `Kemudian aku ceritakan kepada Khadijah kejadian yang baru aku alami. Khadijah berkata, `Saudara misanku, bergembiralah, dan tegarlah. Demi Dzat yang jiwa Khadijah berada di Tangan-Nya, sungguh aku berharap kiranya engkau menjadi Nabi untuk umat ini'."

Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1 Halaman 199
    Usai melakukan penyendirian di Gua Hira', Rasulullah SAW melakukan aktifitas-aktifitas yang biasa beliau lakukan. Beliau pergi ke Ka'bah, dan thawaf di sekitarnya. Ketika beliau sedang thawaf, beliau bertemu dengan Waraqah bin Naufal. Waraqah bin Naufal berkata kepada beliau, `Keponakanku, ceritakan kepadaku apa yang telah engkau lihat dan engkau dengar!' Rasulullah SAW menceritakan apa yang beliau lihat dan dengar kepada Waraqah bin Naufal. Waraqah bin Naufal berkata, "Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, sungguh engkau adalah Nabi untuk umat ini. Sungguh telah datang kepadamu Malaikat Jibril yang dulu pernah datang kepada Musa. Sungguh, engkau pasti akan didustakan, diganggu, diusir, dan diperangi. Seandainya aku berada pada hari itu, pasti aku menolong Allah dengan pertolongan yang diketahui-Nya.' Kemudian Waraqah bin Naufal mendekatkan kepalanya kepada Rasulullah SAW dan mencium ubun-ubun beliau. Setelah itu, Rasulullah SAW pulang ke rumahnya."

Jadi jelaslah sudah, bahwa kedua orang di atas (Khadijah dan Waraqa) memiliki peran penting dalam mempengaruhi Muhammad, sehingga dalam benak Muhammad timbul keinginan menjadi rasul bagi orang Arab Quraish.

Sumber : Mengenal Islam
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Terjemahan

 
Copyright © 2011. Islam Dalam Fakta - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger