Headlines News :
Home » , » Mengapa Hukum Syariah Mendiskriminasikan Wanita Islam?

Mengapa Hukum Syariah Mendiskriminasikan Wanita Islam?

Written By Islam Dalam Fakta on Sabtu, 04 Mei 2013 | 21.25

TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia" (Taurat, Kitab Kejadian 2:18). Demikianlah Allah menciptakan wanita, agar dapat menjadi penolong yang sepadan bagi kaum pria.

Pandangan Budaya dan Negara Terhadap Wanita

Dalam adat istiadat dan kehidupan bermasyarakat, peranan wanita masih sangat dijunjung tinggi. Misalnya suku Minangkabau, Sumatera Barat. Mereka menempatkan wanita pada posisi “induak bareh” atau “pemimpin” di masyarakat. Dikenal dengan sebutan “bundo kanduang”. Kedudukan wanita suku Minang begitu sentral. Mereka menjadi pemilik seluruh kekayaan, rumah, anak, suku bahkan kaumnya.
Di Indonesia sendiri, dikenal dengan “Hari Ibu” yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Pepatah terkenal mengatakan bahwa “surga terletak di kaki ibu”.
Maka, wanita bukan mahkluk lemah. Tetapi “penolong”, “pemimpin” di masyarakat, dan “surga bagi keluarganya”. Terlebih dari itu, wanita sepadan dengan pria.

Penilaian Al-Quran Akan Wanita

Bertolak-belakang dengan penilaian Al-Quran terhadap wanita.  Al-Quran tidak melihat wanita sebagai mahkluk yang kuat dan sepadan dengan pria. Sehingga tidak sedikit hukum yang mengatur hak wanita dalam Al-Quran.
Sebagai wanita Muslim harus mematuhi hukum syariah tersebut, bila mereka ingin disebut wanita Muslimah.

Wanita Muslim dan Hukum Syariah

Bila dunia mengenal istilah “emansipasi wanita”, tidak dengan wanita Muslim. Wanita Muslim harus rela menerima kodratnya satu tingkat dibawah pria (Qs 2:228). Juga harus menerima kenyataan bahwa kesaksian mereka di pengadilan hanya bernilai seperempat dari pria.
Dalam pembagian harta pusaka, wanita Muslim hanya berhak menerima setengah dari apa yang diterima pria (Qs 4:11). Dan pria, adalah pemimpin bagi wanita. Karena pria telah dilebihkan atas wanita (Qs 4:34).

Wanita BerkerundungWanita, Pria, dan Hukum Perkawinan Islam

Selain hukum syariah yang mengatur hak wanita Muslim, seorang wanita Muslim juga harus tunduk dengan hukum perkawinan yang tidak “memihak” pada mereka.
Diantaranya, mereka harus merelakan bila suatu saat suaminya ingin menceraikan dan menggantinya dengan isteri lain (Qs 4:20). Juga harus bersedia bila suaminya mengambil isteri lagi, sebanyak dua, tiga, bahkan sampai empat isteri (Qs 4:3).
Sebegitu rendahkah kodrat wanita Muslim, sehingga harus pasrah menerima kenyataan kodratnya lebih rendah dibanding pria? Dan, adakah wanita yang rela berbagi suami dengan wanita lain?

Pria dan Wanita Adalah Sama

Allah memberi wahyu melalui Rasul-Nya, “Dalam hal ini....tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus” (Injil, Surat Galatia 3:28).
Dan Injil melihat bahwa pria dan wanita adalah sama. “Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan“ (Injil, Surat 1 Korintus 11:11). Sehingga seorang suami wajib mengasihi isterinya dan tidak diperkenankan untuk menceraikannya (Injil, Rasul Markus 10:6-9).

Sukacita Para Wanita Pengikut Isa Al-Masih

Isa Al-Masih memberi hak yang sama antara pria dan wanita. Sebab Allah telah menciptakan wanita sepadan dengan pria, baik dalam hidup bermasyarakat maupun dalam pernikahan. Sehingga wanita pengikut Isa tidak perlu khawatir akan diceraikan suaminya. Atau suaminya mengambil wanita lain sebagai isteri tambahan. Sebab Isa Al-Masih telah mengharamkan perceraian dan tidak memperkenankan wanita dipoligami.
Sebagai wanita yang telah menerima keselamatan dari Isa Al-Masih, mereka sangat bersuka-cita. Sebab Isa Al-Masih telah memberikan hak yang sama kepada mereka, seperti hak yang diterima oleh kaum pria.

Sumber: Isa Dan Islam
Share this article :

4 komentar:

  1. Saya adalah penganut kristen yg taat. Saya telah membaca semua artikel yang ditulis di Islam Dalam Fakta, tetapi knp isinya smua mencaci agama Islam? Selama saya gaul dan brsahabat dg mereka saya tak pernah melihat mereka dengan sengaja mencari masalah dg orang2 kristen ato menindas saya. Kata penulis artikel di sini orang Islam suka membunuh orang kristen, kok kayanya nggak ya? Kalian tulis artikel hati2, jangan provokasi orang. Kita udah hidup tenang2 agama masing2 jangan bikin orang jd benci sm kita. Ajaran Yesus gak begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ana, setuju Yesus memang tidak demikian, tapi taukah anda bahwa musuh orang kristen bukan muslim dan muslimah, tapi apa yang menjadi keyakinan mereka yaitu islam(satanic religion) harus diberi tau kepada mereka bahwa islam adalah salah dan sangat mengerikan bagi peradaban manusia, islam yang mereka yakini bukan islam seperti yang seharusnya islam inginkan jadi jng menjadi munafik yaitu sesuai dengan hadist dan quran, kalau wanita harus diskriminasi dalam islam jng pura pura islam adalah baik bagi wanita:
      admin kurang dalam penjelasannya:
      1. wanita paling banyak dineraka
      2. wanita boleh dipoligami dan tanpa hak untuk minta cerai.
      3. wanita mudah diceraikan dalam islam
      4. wanita setengah haknya dari pria
      5. wanita bagai ladang datangi sesukamu9hanya obyek seks)
      6. wanita tidak boleh jadi pemimpin
      7.bahkan dalam hadist wanita dikutuki oleh malaikat sampai pagi kalau tidak mau ML dng suaminya
      8. Wanita boleh dipukul(banya kdrt)
      9. Wanita terkuruk dan najis seperti anjing dan keledai
      10. Wanita kasihan deh loe dalam islam

      Hapus

  2. B O dan T O L
    .

    BOTOL, hai krisetan, perayaan natal itu bukan ritual MUSLIM dan TIDAK PERLU ucapkan selamat pada kami atau sebaliknya karena itu adalah tradisi penyembah berhala paganis warisan Babilonia kuno ribuan tahun yang lalu
    BOTOL, yesus memang TIDAK lahir pada 25 desember, dan dipertegas oleh paus Benediktus bahwa itu memang keliru, sudah terlanjur kaya gitu tapi gengsi dan malu
    BOTOL, 25 desember itu adalah kelahiran Dewa Matahari MITRA, yang diadopsi umat kristen yaitu dan berasal dari PAGAN PERSIA
    BOTOL, kalian krisetan peringati natal padahal umat ADVENT, MORMON, KOPTIK dan YEHOVA, itu oleh mereka pesta yang tidak pernah dijadwal
    BOTOL, kalian pesta natal, padahal itu BUKAN HARI KELAHIRAN yesus yang benar dan itu semua memang tidak akan pernah bisa masuk akal
    BOTOL, umat kristen bilang walaupun SALAH TANGGAL, malah mereka terus ngeyel berkoar, skarang jawab kalian yang penting pesta natal walau tidak legal
    BOBOL, semuanya dipaksakan demi KRISETANISASI, padahal entelektuil tahu bahwa campur tangan penguasa gereja yang mengotori BIBLE banyak dikritisi
    BOTOL, yesus di SUNAT tapi kalian lelaki kristen TIDAK, padahal itu suatu keharusan, karena PAULUS yang melanggar hukum taurat sebagai aturan
    BOTOL, karena kalian kegereja bukan sabtu dihari SABBATH SABTU menurut hukum taurat tapi malah jadi hari MINGGU, karena paulus yang tidak mau . BOTOL, yesus itu cuma nabi, manusia UTUSAN dan dia secara letterlijk TIDAK PERNAH sama sekali menyebut dirinya minta disembah sebagai tuhan beneran
    BOTOL, yesus tidak hidup bermewah MEWAH, kalian malah ber hura hura .. wah !
    BOTOL, yesus TIDAK membatalkan HUKUM TAURAT malah bikin akurat, tapi justru paulus katanya hebat, malah merusaknya sampai bible sekarat
    BOTOL, yesus TIDAK PERNAH mengajarkan DOSA WARIS yaitu dosa adam yg harus ditebus, tapi PAULUS malah yang bikin mulus
    BOTOL, yesus ajarkan wudhu, berdoa, sujud, zakat dan PUASA, tapi paulus suruh NYANYI jingkrak jingkrak pakai musik buat kalian para domba, digereja
    BOTOL, yesus tidak melarang hukum PANCUNG dan RAJAM, nah karena masuknya surat dari PAULUS didalam bible malah sekarang jadi ditentang
    BOTOL, yesus mati di KAFANI kain lena oleh murid2nya yang asli, tapi kenapa krisetan kalau mati, justru dihiasi dengan PAKAIAN PENGANTIN biar aksi
    BOTOL, paulus MEMANIPULASI ajaran yesus, penguasa tahu itu kasus, biar bagus buat paulus waktu itu akhirnya kepalanya dipenggal sampai mampus
    BOTOL, yesus melarang makan DARAH, BABI dan MINUMAN KERAS, justru paulus malahan membolehkannya dengan tegas, jadi gimana sekarang yah !
    BOTOL, trinitas itu CONTEKAN Hymne PLATO dari Philo yang di ADOPSI penulis yohanes , terus disisipkan dalam bible biar kelihatan pantes, walau palsu gitu lho
    BOTOL, maka dari itu hai kalian kristenen jangan suka maksa maksa melakukan expansi pakai supermie, sekarang umat islam yang beriman sudah mulai grogi !
    BOTOL, mestinya kristenen berdoa dalam gereja dengan ruku, bersujud dengan khusyu, tapi malah nyanyi bersama walau dalam bible tidak ada hukumnya BOTOL, ternyata DOA BAPA KAMI yang diklaim sebagai sabda Yesus, ternyata doa sisipan (INSERSI) jadi namanya DOA PALSU bukan bikinan Yesus tapi yang mengkreasikan adalah para penulis bible, meniru tradisi agama di Mesir - kepada Osiris-Amon, dewa Mesir Kuno, dan juga ini dijumpai dalam liturgi FARISI - Yahudi
    BOTOL, kalian suka gembar gembor menghina Muhammad 50 tahun menikahi gadis Aisyah yg katanya masih dibawah umur, padahal YOSEF ato YUSUF si tukang kayu ketika menikahi MARIA yg waktu itu berumur 12-14 tahun, Yosef sudah berumur 90 (sembilan puluh) TAHUN, jadi menurut kalian yang PEDOFIL itu sebenarnya Muhammad ato YOSEF alias Yusuf suami Maria


    BalasHapus

Terjemahan

 
Copyright © 2011. Islam Dalam Fakta - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger